Ibu Djusma Ilyas IN MEMORIAM

“…Bapak yang langsung mendatangi dan meminta kepada Prof.Dr. Abdul Aziz Dahlan agar bersedia menjadi Rektor IAIN Imam Bonjol Padang. Ketika itu Pak Aziz tidak bersedia memenuhi permintaan itu. Maka Pak Tarmidzi kemudian dengan tegas mengancam,

” Kalau ndak amuah Pak Aziz jadi rektor, bialah Tarmidzi ko baranti jadi Mantari…!”

(Kalau Pak Aziz tak bersedia jadi rektor, biarlah Tarmidzi ini berhenti jadi menteri)

Setelah mendapat ancaman “serius” itu barulah Pak Aziz bersedia memenuhi permintaan Pak Tarmidzi untuk menjadi rektor IAIN Imam Bonjol Padang….”

Begitu sekelumit perbincangan kami dengan Ibu Djusma ketika bersilaturrahim ke rumah kediamannya di Komplek Puri Cinere Depok pada bulan Januari 2017 lalu. Saat itu Ibu terlihat sehat dan segar, tapi memang agak susah dan berat ketika berjalan, ia terlihat kelebihan bobot.

Tapi beberapa hari lalu salah seorang anggota keluarga besarnya menyampaikan bahwa Ibu Djusma telah “Berpulang” (01/04/17) di RS Puri Cinere dalam usia 76 tahun, persis sama dengan usia suaminya, Tarmidzi Taher, saat meninggal tahun 2013 lalu.

INNAA LILLAAHI WA INNAA ILAIHI RAAJI’UUN

Selamat jalan Ibu
Semoga Husnul Khatimah
Dan berkumpul kembali dengan suami tercinta di Surga….

………
Catatan

Pilihan Menteri Agama RI Tarmidzi Taher ketika itu (1993-1998), untuk meminta Prof. Abdul Aziz Dahlan menjadi rektor IAIN IB, adalah pilihan yang tepat.

Kami sebagai mahasiswa ketika itu merasa bangga dengan kepemimpinan Prof. Aziz, karena beliau sebelumnya adalah salah seorang Guru Besar asal Minang yang sangat disegani di lingkungan IAIN Syahid Ciputat. Bersifat kebapakan, berbicara lembut, sangat mendalam pada bidang keilmuannya, tapi disegani dan dipandang berhasil dalam menakhodai IAIN IB Padang.

Pasca Kepemimpinan Prof. Abdul Aziz Dahlan, IAIN IB Padang banyak mengalami kegaduhan dan prahara….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s