DILECUT DERITA

Setelah dihantam penyakit cacar yang parah, mukanya sudah dipenuhi lubang, terutama pada hidungnya. Remaja berusia 14 tahun ini berjalan2 ke pasar setelah berbulan2 mengurung diri.

Di tengah pasar dia bertemu seorang kenalannya, anak Normal Puteri. Dia berkenalan dengan gadis itu sblm sakit. Seorang gadis yg cantik, pipinya merah laksana bunga mawar, ketika itu belumlah ada gincu seperti sekarang, kalau dia senyum ada lesung pipit di pipinya. Rambutnya dilepih dua, memakai rok pendek tetapi berselendang lacuan, sebagai kebiasaan gadis2 Minang diwaktu itu.

Temannya itu disapanya:
“Ros, bila kau kemari ?”

Remaja ini tiba2 sadar, lalu bergumam:
“Mengapalah disapa pula anak gadis orang, di tengah muka penuh capuk begini…!” Sesalnya dlm hati.

Si gadis terkejut dan tercengang. Terkejut karena yang menyapanya seorang yang tak layak menyapanya, tercengang krn suaranya spt dikenalnya. Sesudah itu si remaja tiba2 insaf akan dirinya, dia bukan lagi remaja bersih dan tampan seperti dulu lagi.

Dengan penuh rasa malu ia menekur melihat tanah. Beberapa teman si gadis datang, gembira nampaknya si “Ros” sebab kawan2nya melepaskannya dari “kesulitan” itu

Di hari yg lain, dia bermain2 dekat rumah “bakonya”, dg anak2 yg lain. Maka datanglah Pak Ciknya, yg inipun tak pandai membujuk dan mengobati hati. Dia berkata:
“Hai, jangan engkau bermain2 juga di sini, awak buruk akan bertambah buruk! Cobalah lihat mukamu di cermin, sudah serupa dengan tahi kerbau kena hujan….!”

Demikianlah, anak muda remaja malang itu mengalami hinaan, cacian dan ejekan yang tak pantas diterima anak seusianya. Tetapi semua itu berhasil dia ubah menjadi kekuatan luar biasa, ia tidak mundur dan jatuh. Dia bahkan mampu memahatkan dan mengabadikan namanya pada deretan sosok-sosok yang akan selalu dikenang, HAMKA.

********

(Diadaptasi dari salah satu buah tulis Hamka “Kenang-Kenangan Hidup”)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s