De Javu VOC

Dalam sebuah bincang dengan mantan Komisioner KPKPN (Komisi Pemeriksa Kekayaan Pejabat Negara), muncul sebuah metafor, bahwa seringkali terjadi di negeri ini memberikan jabatan kepada seseorang, seolah2 memberikan kapal kepada “bajak laut”.

Maka digunakanlah jabatan itu untuk melakukan perompakan terhadap kekayaan negara dengan cara Terstruktur, Sistematis dan Massif (TSM) demi memperkaya diri sendiri dan kelompoknya.

Maka mulailah kita terbiasa dengan kasus Korupsi yang merugikan negara hingga Trilyunan. Dalam konteks ini, pencurian kekayaan negara 1, 3 trilyun yg dilakukan seorang pengusaha Cina Edy Tansil dan dibantu oleh para “tuyul” pemegang otoritas kekayaan negara, dapat dianggap sebagai pelopornya.

Para pejabat semakin kehilangan rasa malunya, muncullah peristiwa korupsi terbesar sepanjang sejarah negeri bernama BLBI, Century, Indosat dlsb. Maka menyusul kemudian bermunculan pejabat2 negara dengan kekayaan luar biasa. Misalnya banyak yang bertanya penuh keheranan dan amarah, bagaimana mungkin begitu banyak pejabat/perwira di kalangan Polri dengan kekayaan ratusan milyar bahkan trilyunan, bagaimana mereka mengumpulkannya ? Pertanyaan itu tentu dapat dijawab dengan satu tarikan nafas saja, TSM.

Fenomena “memberikan kapal kepada bajak laut” itu merambah di semua lini, sejak jejaring kuasa tertinggi di pusat, sampai yang terkecil di desa-desa.

Keruntuhan VOC akibat perilaku koruptif aparatusnya seolah membayang “de javu” bagi Indonesia…

Hal itu tidaklah mustahil, karena memang perilaku koruptif para petinggi negeri tidak pernah surut dari dulu hingga kini

Kerisauan Menteri Kesejahteraan Negara Kabinet Ali Sastroamidjojo I Buya Sirajuddin Abbas di awal 1955 ini menunjukkan bahwa perilaku “bajak laut” para pejabat negeri tidak pernah berubah, tak pernah surut, bahkan semakin fantastis, seiring rasa malu yang terkikis habis…

Maka dapatlah dimengerti bahwa keruntuhan VOC, seperti De Javu bagi Indonesia…

……..

Selamat makan siang
Dan Dzhuhur….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s