ADA “KEJERNIHAN” Di manapun

“…Selamat datang para pengunjung Toko Buku …………… berhubung waktu Dzhuhur sudah masuk, kami mempersilahkan anda untuk melaksanakan shalat di mushalla yang telah kami sediakan… Terima kasih…”

Demikian bunyi seruan yang terdengar dari speaker yang terdapat di setiap sudut Toko Buku besar tersebut, suaranya lembut, bening, renyah dan bersahabat.

Di pojok lantai 2 Toko Buku itu memang terdapat sebuah mushalla yang berukuran kecil, tapi bersih, sebersih setiap jengkal ruang toko buku tersebut, dengan pendingin ruangan yang sangat suejuk dan tempat berwudhuk yang cukup bersih.

Menurut sebahagian kawan-kawan saya, toko buku ini adalah milik kelompok “minhum” (kalangan mereka), bukan milik kelompok ,”kita”, jadi tak usah dikunjungi apalagi sampai bertransaksi jual beli.

Saya tidak menjadi bagian dari pandangan tersebut, karena sangat menyederhanakan masalah, meletakkan relasi antar manusia pada “oposisi biner” , tanpa sedikitpun membuka ruang untuk opsi lain….

Saya hanya ingin mengatakan bahwa semua orang harus mempelajari sejarah dengan pikiran jernih dan hati yang terbuka, agar tidak menentang takdir Tuhan yang telah menciptakan manusia dengan segala perbedaan dan kaya warna.

Saya rasakan air yang keluar dari kran mushalla kecil Toko Buku itu sejuk dan bening, seperti air yang keluar dari “pancuran bambu” di belakang surau di kampungku.

Usai berwudhuk
Terasa kesegaran menjalar ke setiap pelosok nadi, mungkin karena kesejukan AC yang begitu terasa, atau mungkin juga karena rasa batin yang tidak mempersoalkan siapa atau kelompok mana yang telah menyebabkan Toko Buku itu ada…

Sudahlah,
Saya ingin “fana” dalam dekapan-NYA…
dengan Takbir, ku mengemis Kasih-NYA….
Allaahu Akbar !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s