Bersama Para Guru Pada Suatu Malam

 

Tidak semua realitas yang kita saksikan memang demikian adanya. Adakalanya sebuah peristiwa terjadi “by design”, dan realitas yang terlihat sesungguhnya adalah semu. Inilah yang diistilahkan oleh Ajengan Dr. Haidar Nasir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, sebagai realitas “Simulacra”.

Ada sementara kalangan yang dengan mudah sekali menyimpulkan sebuah peristiwa yang dilihat dari tempatnya “berdiri” saja, padahal yang sesungguhnya terjadi jauh lebih rumit dan “complicated” dari yang dilihat.

Perbincangan malam itu di sebuah lobby hotel dengan para Tuan Guru, Prof.Dr.KH. Yunahar Ilyas (Ketua PP Muhammadiyah, Wakil Ketua Umum MUI Pusat, Saksi Ahli kasus penistaan agama), Dr.KH. Agung Danarto (Sekjen PP Muhammadiyah), KH, Fathurrahman Kamal, Lc. M.Si. (Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah), telah memberikan “lanskap baru” dalam menganalisis berbagai kejadian di negeri ini. Seringkali berbagai kejadian itu dimainkan oleh aktor2 yang tidak bersedia muncul kepermukaan, namun peran yang dia mainkan melebihi peran siapapun yang muncul di ruang terbuka.

Sayangnya pembicaraan2 dengan para Guru ini, terutama dengan KH. Fathurrahman Kamal, bersifat “off the record”, terutama menyangkut berbagai peristiwa yang terjadi akhir2 ini, lebih utama lagi menyangkut kontestasi politik Pilgub di Ibu kota….

Nashrun minallaah wa fathun qoriib…. !
Wallaahu A’lam bissawaab

Leave a comment